ERP ( Enterprise Resource Planning )
ERP adalah integrasi dari praktek management bisnis dengan
teknologi modern. IT terintegrasi dengan 'core' proses bisnis dari unit bisnis
untuk merangkumkan dan menyelesaikan tujuan bisnis secara spesifik.
Pada prinsipnya, ERP adalah sebuah gabungan dari 3 buah
komponen penting, yaitu: Praktek Management bisnis,
IT dan Tujuan dari bisnis yang spesifik.
- Integrasi data keuangan
- Standarisasi Proses Operasi
- Untuk mengintegrasikan data keuangan sehingga top management bisa melihat dan mengontrol kinerja keuangan perusahaan dengan lebih baik
- Menstandarkan proses operasi melalui implementasi best practice sehingga terjadi peningkatan produktivitas, penurunan inefisiensi dan peningkatan kualitas produk
- Standarisasi Data dan Informasi
- Menstandarkan data dan informasi melalui keseragaman pelaporan, terutama untuk perusahaan besar yang biasanya terdiri dari banyak business unit dengan jumlah dan jenis bisnis yg berbeda-beda
- Suksesor Penerapan
- Terbatasnya kustomisasi dari perangkat lunak ERP
- System ERP sangat mahal
- ERP sering terlihat terlalu sulit untuk beradaptasi dengan alur kerja proses bisnis tertentu dalam beberapa organisasi
- System dapat terlalu kompleks jika dibandingkan dengan kebutuhan dari pelanggan.
- PT. Kereta Api Indonesia (PT KAI)
- PT. Semen Gresik
- PT. Jamu Puspo Indonesia (JPI)
- PT Telkomsel
- PT PLN ( persero )
- Pertamina
- Mengurangi kesalahan
- Mengurangi biaya
- Meningkatkan efisiensi operasional
- Meningkatkan kemampuan bersaing
- Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang
- Meningkatkan pelayanan pelanggan
- PT. JICT
- PT. Multi Terminal IndonesiaPerusahaan
- TPK Koja
- Bogasari
- Syarat sukses memilih ERP Pengetahuan dan Pengalaman Pengetahuan adalah pengetahuan tentang bagaimana cara sebuah proses seharusnya dilakukan, jika segala sesuatunya berjalan lancar Pengalaman adalah pemahaman terhadap kenyataan tentang bagaimana sebuah proses seharusnya dikerjakan dengan kemungkinan munculnya permasalahan. Pengetahuan tanpa pengalaman menyebabkan orang membuat perencanaan yang terlihat sempurna tetapi kemudian terbukti tidak bisa diimplementasikan. Pengalaman tanpa pengetahuan bisa menyebabkan terulangnya atau terakumulasinya kesalahan dan kekeliruan karena tidak dibekali dengan pemahaman yang cukup.
- ERP memiliki kekurangan, diantaranya adalah sebagai berikut :
Perusahaan yang menerapkan atau menggunakan ERP antara lain :
EDI (Electronic Data Interchange)
Menurut kamus TI Pengertian EDI Adalah Metode untuk saling bertukar data bisnis atau transaksi
secara elektronik melalui jaringan komputer.
Secara formal EDI didefinisikan oleh International Data Exchange Association (IDEA)
sebagai “transfer data terstruktur dengan format standard yang telah disetujui yang dilakukan
dari satu sistem komputer ke sistem komputer yang lain dengan menggunakan media elektronik”.
Manfaat EDI secara Umum adalah:
Perusahaan yang menerapkan atau menggunakan EDI: